Kehamilan

Tanda-tanda kehamilan awal minggu pertama

Tanda kehamilan pada minggu pertama memang sedikit sulit untuk diketahui karena gejalanya terbilang kurang pasti. Supaya anda bisa memastikan sedang hamil ataukah tidak pastinya bukan hanya dengan satu atau dua tanda saja. Pada ibu hamil, biasanya tanda utamanya adalah sering mengalami mual dan juga terlambat haid. Namun tanda tersebut nyatanya belum tentu menjadi pertandanya.

Nah, hal inilah yang biasanya membuat para pasangan merasa kesulitan untuk mendeteksi kehamilannya pada minggu yang pertama. Kebanyakan dari mereka pasangan suami istri baru mengetahui bahwa mereka sedang hamil ketika usia kehamilannya sudah mencapai waktu 3 minggu. Hal ini tentu saja bisa berakibat buruk pada kesehatan janin yang biasanya mereka secara tidak sengaja mengkonsumsi berbagai makanan yang bisa menjadi penyebab terjadinya keguguran.

Ya bisa dibilang tak mengherankan karena orang awam mungkin akan kesulitan dalam mengenali tanda kehamilan pada awal minggu yang pertama. Supaya anda bisa memastikan anda hamil ataukah tidak, maka anda perlu mengetahui berbagai tanda kehamilan pada awal minggu yang pertama ini. Di antaranya:

Munculnya bercak darah

Salah satu ciri fisik yang bisa dijadikan sebagai tanda kehamilan minggu pertama adalah terjadinya pendarahan pada daerah kewanitaa. Pendarahan bisa terjadi karena proses implantasi dari calon janin menuju ke dinding rahim. Sehingga muncullah bercak darah yang tergolong ringan ini.

Terasa sakit pada perut

Kram perut yang dirasakan biasanya akan terasa begitu sakit sekali. Proses implantasi yang terjadi memang mampu membuat perut anda terasa semakin sakit. Biasanya para wanita akan mengalaminya saat kehamilan minggu pertama hingga prosesnya selesai.

Terlalu sering buang air kecil

Ketika telah terjadi implantasi biasanya tubuh akan memproduksi suatu hormone HCG yang mampu menyebabkan meningkatnya frekuensi buang air kecil. Biasanya frekuensinya ini akan berkurang mulai dari minggu yang ke 12 dan akan semakin meningkat pada minggu yang ke 27. Disaat anda sudah memasuki usia kehamilan trimester yang kedua dimana perut anda saat itu akan semakin membesar. Biasanya semakin besar perut anda, maka semakin sering pula anda ingin kekamar mandi untuk buang air kecil.

Terlambat datang bulan

Biasanya tanda kehamilan pada minggu yang pertama umumnya ditandai dengan terlambat datang bulan. Ini menjadi suatu tanda bahwa ovarium sudah di buahi. Hal inilah yang menjadi suatu pertanda bahwa wanita tersebut sedang hamil.

Pastikan anda mengetahui berbagai tanda kehamilan pada awal minggu yang pertama ini. Jika anda memahaminya tentu saja anda bisa menjaga kesehatan janin yang masih berada dalam kandungan anda. Sehingga anda pun tidak akan lagi mengkonsumsi berbagai makanan maupun minuman yang bisa menyebabkan terjadinya keguguran.

Leave a Comment